Apakah ada produk voucha yang kapasitasnya sekitar 1 juta transaksi/detik

0 votes
asked Nov 24, 2014 by A. Didit Mifanto

Dear Voucha,

Saya Didit, dari surabaya. Saya sebenernya pelanggan lama waktu jamannya voucha2 dan voucha3. Tapi sekarang sudah tidak berbisnis pulsa lagi.

Kebetulan ada teman yang tanya server pulsa, saya lihat Voucha sekarang menggunakan sistem sewa ya? Ada beberapa pertanyaan.

1. Apakah ada produk voucha yang kapasitasnya sekita 1 juta transaksi / detik
2. Sistem sewa itu untuk software saja atau termasuk hardware?
3. Berapa harga sewa untuk kapasitas kemampuan di atas (no. 1)


Terima kasih

1 Answer

0 votes
answered Nov 24, 2014 by ilham (5,050 points)
edited Nov 24, 2014 by ilham
1. Kami belum punya produk yang kapasitasnya 1 juta transaksi per detik.
 
Kapasitas sistem sangat ditentukan oleh computing power hardware itu sendiri dan OS yang digunakan. Silakan hitung sendiri, kecepatan prosesor dan jenis hardware seperti apa yang dibutuhkan. Dan berapa trilyun budget yang dibutuhkan. Kapasitas sistem milik operator telekomunikasi sendiri tidak sebesar itu. Jika Anda memiliki budget untuk membangun datacenter seperti Google yang terdiri dari 4 juta cluster server, mungkin itu bisa diwujudkan.
 
Jika satu detik = 1 juta transaksi, maka:
  • 1 jam = 3.600.000.000 (3,6 Milyar) transaksi.
  • 1 hari = 86.400.000.000 (86,4 Milyar) transaksi .
  • 1 minggu = 604.800.000.000 (604,8 Milyar) transaksi.
  • 1 bulan = 2.592.000.000.000 (2,592 Trilyun) transaksi.
Di Indonesia, bahkan di dunia sekalipun, belum ada negara yang jumlah transaksi reloadnya sebanyak itu. Penduduk dunia termasuk bayi, anak kecil, dan orang jompo baru sebesar 5 Milyar. 
 
Pertanyaan kami adalah: Untuk apa kapasitas sebesar itu? Apakah ada kebutuhan praktisnya saat ini di Indonesia atau di dunia?
 
2. Saat ini kami menyewakan softwarenya saja, hardware disediakan terpisah dengan sistem beli.
 
Istilah sistem sewa digunakan supaya lebih mudah dimengerti. Istilah yang lebih tepat adalah lisensi bulanan (subscription).
 
3. Biaya investasi untuk kapasitas seperti nomor 1 tidak bisa kami hitung. Coba ditanyakan berapa biaya investasi perangkat operator telekomunikasi.
 
Ada beberapa orang sales/marketing di dunia software pulsa yang senang berjualan dengan gaya overselling, melebih-lebihkan dengan angka fantastis supaya orang tertarik. Ada website-website tertentu yang overselling dengan angka 1 juta transaksi per detik. Sebagai user yang cerdas tentu bisa menghitung dan bisa mengukur, apakah penjelasan dari seorang sales/marketing itu masuk akal atau tidak.
 
Selain itu, mari coba hitung berapa modal kerja yang dibutuhkan untuk 1 juta transaksi per hari saja. Jika kami punya modal kerja sebesar itu, tentu punya kemampuan untuk membangun datacenter sendiri seperti Google dan membangun software sendiri. Bukan dengan menyewa kepada pihak lain.
 
Dalam bisnis ini, penting sekali memiliki ekspektasi yang wajar dan masuk akal supaya tidak terjebak dalam overselling atau tertipu orang yang tidak bertanggung jawab.
 
Semoga bermanfaat.
commented Nov 24, 2014 by Didit
Terima kasih atas jawabannya. Saya kebetulan sudah menjelaskan ke orang yang tanya kepada saya tentang kapasitas yang wajar. Tapi beliaunya kurang bisa menerima, maklum orang awam. Makanya jawaban ini akan saya forward, mungkin lebih bisa diterima karena dari vendor langsung.

Kemudian max kapasitas yang ada berapa, supaya bisa saya tawarkan juga.

Terima kasih
commented Nov 25, 2014 by rian
berapa harga sewa atau lisensi perbulan sofware pulsanya pak?
commented Nov 25, 2014 by ilham (5,050 points)
Silakan cek di website dulu ya, sudah ada kok infonya.
http://voucha.co.id/software/
Welcome to Support Voucha, where you can ask questions and receive answers from other members of the community.
...