Update device untuk chip 3sakti dan paket kuota data dompul

0 votes
asked Mar 12, 2015 by Jaja Sutisna
Assalamualaikum...selamat siang pak, sekarang ini operator pulsa menyediakan pengisian pulsa kuota data internet, three dengan 3sakti nya xl dengan dompulnya dan indosat dengan mobo nya.
Kapan ada update untuk device tersebut (XL dan 3sakti). Soalnya produk xl jenisnya banyak sekali. Kalau menunggu update an mungkin agak lama. Bagaimana kalau device nya atau sistem di voucha untuk perubahan atau penambahan produk baru dari operator di custom sama kita sendiri, jadi kalau ada produk baru tidak harus menunggu update dari voucha. mohon maaf kalau pertanyaannya kurang tepat, terimakasih

1 Answer

0 votes
answered Mar 12, 2015 by ilham (5,050 points)
edited Mar 12, 2015 by ilham
  1. Untuk Indosat Mobo, kami buatkan device baru Indosat Mobo. Bukan Indosat SEV.
  2. Untuk Dompet Pulsa paket data, juga dibuatkan device baru.
  3. Untuk 3sakti belum ada.

Perlu dipahami, pembuatan device untuk produk-produk baru tidak semudah yang dibayangkan orang. Setidaknya Anda perlu kemampuan programming & software engineering. Itu saja belum cukup jika tidak memahami arsitektur aplikasi yang digunakan.

Problem yang dihadapi perusahaan IT di Indonesia termasuk kami adalah mendapatkan programmer yang bisa diandalkan. Banyak lulusan IT, tapi sedikit sekali yang memiliki kemampuan. Pekerjaan banyak, programmer sedikit.

High demand, low supply sehingga biaya pembuatan software sangat mahal. Dengan biaya development yang tinggi seperti itu, tentu orang akan memilih mengerjakan proyek-proyek yang nilainya juga besar untuk bisa menutupi biayanya.

Jika Anda memang yakin punya kemampuan atau memang sudah memiliki SDM, khususnya software developer yang bisa membuat aplikasi seperti ini ya silakan saja dicoba. Nanti juga tahu bagaimana seluk-beluknya membuat aplikasi untuk dipakai sendiri. Apalagi jika aplikasinya untuk dipakai banyak orang/user.

commented Mar 13, 2015 by Jaja Sutisna
maaf mungkin kalimat saya ada yang salah, karena saya juga bukan ahlinya membuat software. custom yang dimaksud adalah, contoh software pulsa yang lain, ada device/modul sms/dial. jadi ketika da produk baru dari operator tinggal input parsingnya, entah itu sms atau dial, jadi tidak harus update device. maksud saya seperti itu pak, mohon maaf kalau pertanyaannya kurang jelas. Mohon maaf, untuk update dompul paket data saya belum dapat, minta link downloadnya. Di web support voucha juga belum ada informasinya. Terimakasih
commented Mar 13, 2015 by ilham (5,050 points)
Terima kasih masukannya, namun ini sudah pernah di bahas duluuuuu sekali sebelum ada Voucha 2 tahun 2006.

Perlu dipahami pula bahwa filosofi Voucha itu No Stupid Parsing. Ini sudah berjalan sejak Voucha versi 1. Tidak perlu input kode parsing satu-persatu, supaya user bisa langsung menggunakan.

Pertimbangan kami menggunakan pendekatan seperti itu adalah

1. Banyak kesalahan akibat input kode parsing tidak bisa diatasi oleh user.

Hal ini menimbulkan pekerjaan tambahan yaitu mengkoreksi satu persatu. Sementara kami ingin fokus di software development, bukan support.

2. Aplikasi menjadi kurang stabil akibat banyak variasi

Memang fleksibel, bisa input/edit sendiri kode parsing. Tapi ada 'harga' yang harus dibayar yaitu kurang stabil akibat workflow tidak standar.

Memang ada kelebihan dan kekurangan. Ada yang cocok dan tidak cocok.
commented Mar 23, 2015 by zaenal arifin (260 points)
Untuk device baru Indosat Mobo (Bukan Indosat SEV.) saya sudah coba versi 4.12.0.760, hasilnya trx sukses tetapi di admin terbaca suspect. apa solusinya agar bisa trx normal dengan device baru indosat mobo?
Welcome to Support Voucha, where you can ask questions and receive answers from other members of the community.
...